Tinggalkan pesan mu disana =>>

Senin, 06 Mei 2013

SPMB-PTAIN 2013

Bentar lagi gw mau kuliah ni, (ASiik)
jadi lagi bingung-bingung nya cari tempat kuliah ni,
sekarang gw mo ngepost tentang tata cara masuk di IAIN Raden Fatah Palembang. Sekalian deh gw mo  minta pendapat kalian semua kira-kira gw pantes gak masuk disana? (Maklum de, ilmu agama gw minim banget) #Miris :'(

Yok, Liat Post nya

JALUR UJIAN TERTULIS

A. Ketentuan Umum dan Persyaratan
     1. Ketentuan Umum
      Jalur ujian tertulis adalah mekanisme seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN melalui
      ujian tertulis yang dilakukan serentak. Lokasi pelaksanaan SPMB-PTAIN
      berjumlah 53 tempat sesuai dengan jumlah UIN/IAIN/STAIN di Indonesia.
      Penjelasan tentang seluk-beluk Panitia Lokal pada masing-masing PTAIN
      dapat dilihat pada laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.

      2. Persyaratan
           a. Pendaftaran
               1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Muadalah
         atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011dan 2012
         memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Muadalah atau yang
         setara dan lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat
         Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan
         pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.
               2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu
                   kelancaran proses pembelajaran di PTAIN.
               3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
           b. Penerimaan
                Lulus dari Satuan Pendidikan, lulus seleksi jalur ujian tertulis SPMB-PTAIN
         2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-
         masing PTAIN penerima.

B. Pendaftaran dan Tata Cara Pendaftaran
      1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap
      dapat dilihat pada laman http://www.spmb-ptain.ac.id.
   2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dapat diunduh
      (download) dari laman http://www.spmb-ptain.ac.id.
   3. Pendaftaran online dimulai tanggal 6 Mei 15 Juni 2013.

C. Jenis Ujian
       1. Ujian Tertulis dengan materi:
           a. Tes Potensi Akademik
           b. Tes Bidang Studi Prediktif:
               1. Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Bahasa Indonesia, Bahasa
             Inggris, Bahasa Arab, Ilmu Alamiah Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar.
               2. Tes Wawasan Keislaman terdiri atas mata ujian al-Qurn-al-Hadits,
             Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah-Akhlak, dan Fiqh.
               3. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia,
             dan Fisika.
               4. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi,
             dan Ekonomi.

D. Jadwal Ujian
     Selasa, 25 Juni 2013    :
           Tes Potensi Akademik
           Tes Bidang Studi Dasar
           Tes Wawasan Keislaman

      Rabu, 26 Juni 2013    :
            Tes Bidang Studi IPA
            Tes Bidang Studi IPS

E.  Penilaian Hasil Ujian
     Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:
     Jawaban BENAR    :    + 4
     Jawaban SALAH    :    - 1
     Tidak Menjawab    :      0
    Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian
    harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

F.  Kelompok Ujian
      Kelompok ujian tertulis SPMB-PTAIN terbagi menjadi 3 (tiga):
    Kelompok Ujian IPA
    Kelompok Ujian IPS
    Kelompok Ujian IPC


G. Biaya Ujian Tertulis
     1. Peserta kelompok IPA atau IPS membayar biaya ujian tertulis sebesar
       Rp.150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta.
   2. Peserta kelompok IPC membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp.175.000,00
       (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta.
   3. Biaya ujian dibayarkan ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

H.  Pengumuman Hasil Ujian
      Hasil ujian diumumkan di laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id
    yang dapat diakses pada hari Sabtu, 20Juli 2013

JALUR MANDIRI

Syarat Pendaftaran
1. Tahun ijazah 2007 -2013 untuk Fak. Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi
   serta Ushuluddin dan Pemikran Islam
2. Tahun ijazah 2009 – 2013 untuk Fak. Syariah
3. Tahun ijazah 2011 – 2013 untuk Fak. Tarbiyah

CARA PENDAFTARAN
 Melakukan Pembayaran ke Bank Syariah Sumsel Babel Kantor Kas IAIN
 Raden Fatah Palembang kemudian Mendatangi BAAK untuk mendapatkan
 User dan Password kemudian melakukan pendaftaran secara
 online di http://spmb.radenfatah.ac.id 

BIAYA PENDAFTARAN
Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) 

JADWAL SELEKSI
 22 – 31 Juli 2013          : Pendaftaran
 14 – 15 Agustus 2013    : Tes Masuk
 14 Agustus                   : TPA, BSD dan WI
 15 Agustus                   : IPA dan IPS
 19 Agustus                   : Pengumuman
 20 – 23 Agustus            : Daftar ulang
 
KUOTA
 JALUR PRESTASI AKADEMIK    : 50 %
 JALUR UJIAN TERTULIS            : 30 %
 JALUR MANDIRI                       : 20 %

Gimana menurut kalian, kira-kira gw cocok nggak masuk di Fakultas ini?
Gw bingung niiii, gian gw blom tau mo milih jurusan apaan???!! :'(

Share pendapat dong guys, Please........... :'( :'(

1 komentar:

chlorine tiara pertiwi mengatakan...

coba aja, Optimis sist