Sesuai janji berikut ini adalah lanjutan dari koding Matematika Learning berbasis Android for Eclipse. Kalau kalian lupa yang mana kalian bisa baca Kodding Spalsh dan Imagebutton
Sekarang kita masuk ke kodding pada bagian submenu dari imagebutton yang sudah kita buat tadi. Disini kita hanya menggunakan menu button biasa saja.
Langsung saja ya, lets ....
Tampilan Materi
apabila button materi kita klik maka akan muncul tampilan berikut ini :
Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File > beri nama Materi.xml
Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri namaMateri.java
package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File > beri namaBangunDatar.xml
"Untuk submenu materi, lakukan seterusnya sampai skala, kodding class dan java sama seperti diatas."
Tampilan Tentang
Untuk belajar matematika sebenarnya tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan membutuhkan peralatan yang mahal dan mewah,yang diperlukan adalah kekreatifan.
Sekarang kita masuk ke kodding pada bagian submenu dari imagebutton yang sudah kita buat tadi. Disini kita hanya menggunakan menu button biasa saja.
Langsung saja ya, lets ....
Tampilan Materi
apabila button materi kita klik maka akan muncul tampilan berikut ini :
Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File > beri nama Materi.xml
Tuliskan kode dibawah ini :
<?xml version="1.0"
encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:background="@drawable/menu">
<TextView
android:id="@+id/pilihanmateri_txtpage"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="PILIHAN MATERI"
android:textStyle="bold"
android:textSize="22dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="22dp"/>
<LinearLayout
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:gravity="center"
android:orientation="vertical" >
<Button
android:id="@+id/bangundatar"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Bangun Datar"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<Button
android:id="@+id/bangunruang"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Bangun Ruang"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<Button
android:id="@+id/bilanganpecahan"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Bilangan Pecahan"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<Button
android:id="@+id/operasibilanganpecahan"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Operasi Bilangan Pecahan"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<Button
android:id="@+id/satuanukur"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Satuan Ukur"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<Button
android:id="@+id/rumusbangunruang"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Rumus Bangun Ruang"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<Button
android:id="@+id/rumusbangundatar"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Rumus Bangun Datar"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<Button
android:id="@+id/skala"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Skala"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
</LinearLayout>
</LinearLayout>
Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri namaMateri.java
Tuliskan kode dibawah ini :
package com.droid.matematika;
import android.app.Activity;
import android.content.Intent;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.TextView;
public class Materi extends Activity {
@Override
public void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.materi);
TextView txtChild =
(TextView)findViewById(R.id.pilihanmateri_txtpage);
Intent i = this.getIntent();
Button bdatar =
(Button)findViewById(R.id.bangundatar);
Button bruang =
(Button)findViewById(R.id.bangunruang);
Button bpecahan =
(Button)findViewById(R.id.bilanganpecahan);
Button satuanukur =
(Button)findViewById(R.id.satuanukur);
Button rruang =
(Button)findViewById(R.id.rumusbangunruang);
Button rdatar = (Button)findViewById(R.id.rumusbangundatar);
Button skala =
(Button)findViewById(R.id.skala);
Button operasi =
(Button)findViewById(R.id.operasibilanganpecahan);
bdatar.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {
//TODO Auto-generated
method stub
Intent
datar = new Intent(Materi.this, BangunDatar.class);
startActivity(datar);
}
});
bruang.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {
//TODO Auto-generated
method stub
Intent
ruang = new Intent(Materi.this, BangunRuang.class);
startActivity(ruang);
}
});
bpecahan.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {
//TODO Auto-generated
method stub
Intent
pecahan = new Intent(Materi.this, BilanganPecahan.class);
startActivity(pecahan);
}
});
satuanukur.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {
//TODO Auto-generated
method stub
Intent
satuan = new Intent(Materi.this, SatuanUkur.class);
startActivity(satuan);
}
});
rruang.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {
//TODO Auto-generated
method stub
Intent
ruang1 = new Intent(Materi.this, RumusRuang.class);
startActivity(ruang1);
}
});
rdatar.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {
//TODO Auto-generated
method stub
Intent
datar1 = new Intent(Materi.this, RumusBangunDatar.class);
startActivity(datar1);
}
});
skala.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {
//TODO Auto-generated
method stub
Intent
skala1 = new Intent(Materi.this, Skala.class);
startActivity(skala1);
}
});
operasi.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {
//TODO Auto-generated
method stub
Intent
operasi1 = new Intent(Materi.this, OperasiBilanganPecahan.class);
startActivity(operasi1);
}
});
}
}
Tampilan Materi Bangun Datar
package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File > beri namaBangunDatar.xml
Tuliskan
kode dibawah ini :
<?xml version="1.0"
encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:gravity="center"
android:background="#FFFAF0">
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="BANGUN DATAR"
android:textStyle="bold"
android:textSize="22dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="8dp"/>
<LinearLayout
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:orientation="vertical" >
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="1. Pengertian"
android:textStyle="bold"
android:textSize="15dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Bangun datar adalah bagian dari bidang datar yang
dibatasi oleh garis-garis lurus atau lengkung (Imam Roji, 1997)
Bangun datar dapat didefinisikan sebagai
bangun yang rata yang mempunyai dua demensi yaitu panjang dan lebar, tetapi
tidak mempunyai tinggi atau tebal (Julius Hambali, Siskandar, dan Mohamad
Rohmad, 1996)
Berdasarkan pengertian tersebut dapat
ditegaskan bahwa bangun datar merupakan bangun dua demensi yang hanya memiliki
panjang dan lebar, yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung."
android:textSize="10dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="5dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="2. Gambar Bangun Datar"
android:textStyle="bold"
android:textSize="15dp"/>
<ImageView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:src="@drawable/bdatar"/>
</LinearLayout>
</LinearLayout>
Pada package explorer, pilih Matematika >
klik kanan –New> Class > beri nama BangunDatar.java
Tuliskan
kode dibawah ini :
package
com.droid.matematika;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
public class
BangunDatar extends Activity {
@Override
protected
void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.bangundatar);
}
}
Tampilan
Bangun Ruang
Pada package explorer, pilih Matematika > klik
kanan –New> Android XML File >
beri nama BangunRuang.xml
Tuliskan
kode dibawah ini :
<?xml version="1.0"
encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:gravity="center"
android:background="#F0E68C">
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="BANGUN RUANG"
android:textStyle="bold"
android:textSize="22dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="8dp"/>
<LinearLayout
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:orientation="vertical" >
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="1. Pengertian"
android:textStyle="bold"
android:textSize="15dp"/>
<TextView
android:layout_width="307dp"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Bangun ruang merupakan sebutan untuk bangun-bangun
tiga dimensi atau bagian ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang
terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut.
Ada beberapa macam bangun ruang :
1. Balok
2.Tabung
3.Limas
4.Kerucut
5.Prisma
6.Bola
7.Kubus"
android:textSize="10dp" />
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="5dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="2. Gambar Bangun Ruang"
android:textStyle="bold"
android:textSize="15dp"/>
<ImageView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:src="@drawable/bruang"/>
</LinearLayout>
</LinearLayout>
Pada package explorer, pilih Matematika >
klik kanan –New> Class > beri nama BangunRuang.java
Tuliskan
kode dibawah ini :
package
com.droid.matematika;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
public class
BangunRuang extends Activity {
@Override
protected
void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.bangunruang);
}
}
"Untuk submenu materi, lakukan seterusnya sampai skala, kodding class dan java sama seperti diatas."
Tampilan Tentang
Pada package explorer, pilih
Matematika > klik kanan –New> Android XML File > beri namaTentang.xml
Tuliskan kode dibawah ini :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:gravity="center"
android:background="#FFFAF0">
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="TENTANG"
android:textStyle="bold"
android:textSize="22dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="8dp"/>
<LinearLayout
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:orientation="vertical"
>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="
Program
aplikasi pembelajaran matematika untuk anak Sekolah Dasar (SD) adalah sebuah
program aplikasi pada smartphone berbasis sistem operasi android.
Program
aplikasi ini membantu penggunanya untuk memahami dan melatih kemampuan dalam
bidang matematika. Program aplikasi ini memiliki tiga tombol seperti tombol
materi, tentang dan bantuan.
Pada tombol
materi berisi mengenai pengertian dan rumus-rumus dari materi tersebut."
android:textSize="10dp"/>
</LinearLayout>
</LinearLayout>
Pada package explorer, pilih
Matematika > klik kanan –New> Class > beri nama Tentang.java
Tuliskan kode dibawah ini :
package com.droid.matematika;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
public class Tentang extends Activity {
@Override
protected void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.tentang);
}
}
Tampilan Bantuan
Pada package explorer, pilih
Matematika > klik kanan –New> Android XML File > beri nama Bantuan.xml
Tuliskan kode dibawah ini :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:gravity="center"
android:background="#FFFAF0">
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="8dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="BANTUAN"
android:textStyle="bold"
android:textSize="22dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="8dp"/>
<LinearLayout
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:orientation="vertical"
>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diberikan kepada
peserta didik dimulai dari sekolah dasar, tujuannya adalah untuk membekali
peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,analitis,sistematis,kritis dan
kreaktifUntuk belajar matematika sebenarnya tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan membutuhkan peralatan yang mahal dan mewah,yang diperlukan adalah kekreatifan.
"
android:textSize="10dp"/>
</LinearLayout>
</LinearLayout>
Pada package explorer, pilih
Matematika > klik kanan –New> Class > beri nama Bantuan.java
Tuliskan kode dibawah ini :
package com.droid.matematika;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
public class Bantuan extends Activity {
@Override
protected void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.bantuan);
}
}
Jangan Lupa atur manifesh nya ya :
Pada androidmanifesh ketik koding berikut :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
package="com.droid.matematika"
android:versionCode="1"
android:versionName="1.0" >
<uses-sdk
android:minSdkVersion="8"
android:targetSdkVersion="18" />
<application
android:allowBackup="true"
android:icon="@drawable/ic_launcher"
android:label="@string/app_name"
android:theme="@style/AppTheme" >
<activity
android:name="com.droid.matematika.Matematika"
android:label="@string/app_name" >
<intent-filter>
<action android:name="android.intent.action.MAIN" />
<category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
</intent-filter>
</activity>
<activity
android:name="Menu"/>
<activity
android:name="Tentang"/>
<activity
android:name="Bantuan"/>
<activity
android:name="Materi"/>
<activity
android:name="BangunDatar"/>
<activity
android:name="BangunRuang"/>
<activity
android:name="BilanganPecahan"/>
<activity
android:name="OperasiBilanganPecahan"/>
<activity
android:name="SatuanUkur"/>
<activity
android:name="RumusBangunDatar"/>
<activity
android:name="RumusRuang"/>
<activity
android:name="Skala"/>
<activity
android:name="Game"/>
<activity
android:name="Hasil"/>
</application>
</manifest>
Jangan Lupa atur manifesh nya ya :
Pada androidmanifesh ketik koding berikut :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
package="com.droid.matematika"
android:versionCode="1"
android:versionName="1.0" >
<uses-sdk
android:minSdkVersion="8"
android:targetSdkVersion="18" />
<application
android:allowBackup="true"
android:icon="@drawable/ic_launcher"
android:label="@string/app_name"
android:theme="@style/AppTheme" >
<activity
android:name="com.droid.matematika.Matematika"
android:label="@string/app_name" >
<intent-filter>
<action android:name="android.intent.action.MAIN" />
<category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
</intent-filter>
</activity>
<activity
android:name="Menu"/>
<activity
android:name="Tentang"/>
<activity
android:name="Bantuan"/>
<activity
android:name="Materi"/>
<activity
android:name="BangunDatar"/>
<activity
android:name="BangunRuang"/>
<activity
android:name="BilanganPecahan"/>
<activity
android:name="OperasiBilanganPecahan"/>
<activity
android:name="SatuanUkur"/>
<activity
android:name="RumusBangunDatar"/>
<activity
android:name="RumusRuang"/>
<activity
android:name="Skala"/>
<activity
android:name="Game"/>
<activity
android:name="Hasil"/>
</application>
</manifest>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar