Tinggalkan pesan mu disana =>>

Sabtu, 23 Januari 2016

Kodding Submenu dan Button pada Eclipse Part II

Sesuai janji berikut ini adalah lanjutan dari koding Matematika Learning berbasis Android for Eclipse. Kalau kalian lupa yang mana kalian bisa baca Kodding Spalsh dan Imagebutton

Sekarang kita masuk ke kodding pada bagian submenu dari imagebutton yang sudah kita buat tadi. Disini kita hanya menggunakan menu button biasa saja.

Langsung saja ya, lets ....

Tampilan Materi
apabila button materi kita klik maka akan muncul tampilan berikut ini :




Pada  package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File  > beri nama Materi.xml  


Tuliskan kode dibawah ini :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    android:background="@drawable/menu"> 
       
    <TextView
        android:id="@+id/pilihanmateri_txtpage"
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="PILIHAN MATERI"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="22dp"/>
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" "
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="22dp"/>
   
    <LinearLayout
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="fill_parent"
        android:gravity="center"
        android:orientation="vertical" >
        
         <Button
             android:id="@+id/bangundatar"
             android:layout_width="match_parent"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Bangun Datar"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="12dp"/>
         <Button
             android:id="@+id/bangunruang"
             android:layout_width="match_parent"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Bangun Ruang"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="12dp"/>
         <Button
             android:id="@+id/bilanganpecahan"
             android:layout_width="match_parent"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Bilangan Pecahan"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="12dp"/>
         <Button
             android:id="@+id/operasibilanganpecahan"
              android:layout_width="match_parent"
              android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Operasi Bilangan Pecahan"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="12dp"/>
         <Button
             android:id="@+id/satuanukur"
              android:layout_width="match_parent"
              android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Satuan Ukur"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="12dp"/>
         <Button
             android:id="@+id/rumusbangunruang"
              android:layout_width="match_parent"
              android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Rumus Bangun Ruang"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="12dp"/>
         <Button
             android:id="@+id/rumusbangundatar"
              android:layout_width="match_parent"
              android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Rumus Bangun Datar"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="12dp"/>
         <Button
             android:id="@+id/skala"
              android:layout_width="match_parent"
              android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Skala"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="12dp"/>
    
 </LinearLayout>   
</LinearLayout>
 

 
   Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri namaMateri.java
Tuliskan kode dibawah ini :

package com.droid.matematika;

import android.app.Activity;
import android.content.Intent;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.TextView;

public class Materi  extends Activity {
      
        @Override
           public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
               super.onCreate(savedInstanceState);
               setContentView(R.layout.materi);
               TextView txtChild = (TextView)findViewById(R.id.pilihanmateri_txtpage);
               Intent i = this.getIntent();
              
               Button bdatar = (Button)findViewById(R.id.bangundatar);
               Button bruang = (Button)findViewById(R.id.bangunruang);
               Button bpecahan = (Button)findViewById(R.id.bilanganpecahan);
               Button satuanukur = (Button)findViewById(R.id.satuanukur);
               Button rruang = (Button)findViewById(R.id.rumusbangunruang);
               Button rdatar = (Button)findViewById(R.id.rumusbangundatar);
               Button skala = (Button)findViewById(R.id.skala);
               Button operasi = (Button)findViewById(R.id.operasibilanganpecahan);
              
               bdatar.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
               {
                     public void onClick(View v) {
                            //TODO Auto-generated method stub
                            Intent datar = new Intent(Materi.this, BangunDatar.class);
                            startActivity(datar);
                     }
               });
              
               bruang.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
               {
                     public void onClick(View v) {
                            //TODO Auto-generated method stub
                            Intent ruang = new Intent(Materi.this, BangunRuang.class);
                            startActivity(ruang);
                     }
               });

               bpecahan.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
               {
                     public void onClick(View v) {
                            //TODO Auto-generated method stub
                            Intent pecahan = new Intent(Materi.this, BilanganPecahan.class);
                            startActivity(pecahan);
                     }
               });
              
               satuanukur.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
               {
                     public void onClick(View v) {
                            //TODO Auto-generated method stub
                            Intent satuan = new Intent(Materi.this, SatuanUkur.class);
                            startActivity(satuan);
                     }
               });

               rruang.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
               {
                     public void onClick(View v) {
                            //TODO Auto-generated method stub
                            Intent ruang1 = new Intent(Materi.this, RumusRuang.class);
                            startActivity(ruang1);
                     }
               });
              
               rdatar.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
               {
                     public void onClick(View v) {
                            //TODO Auto-generated method stub
                            Intent datar1 = new Intent(Materi.this, RumusBangunDatar.class);
                            startActivity(datar1);
                     }
               });
              
               skala.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
               {
                     public void onClick(View v) {
                            //TODO Auto-generated method stub
                            Intent skala1 = new Intent(Materi.this, Skala.class);
                            startActivity(skala1);
                     }
               });
              
               operasi.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
               {
                     public void onClick(View v) {
                            //TODO Auto-generated method stub
                            Intent operasi1 = new Intent(Materi.this,  OperasiBilanganPecahan.class);
                            startActivity(operasi1);
                     }
               });
              
               }
}
 

Tampilan Materi Bangun Datar


package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File  > beri namaBangunDatar.xml
 
Tuliskan kode dibawah ini :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    android:orientation="vertical"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    android:gravity="center"
    android:background="#FFFAF0"> 
       
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="BANGUN DATAR"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="22dp"/>
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" "
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="8dp"/>
   
    <LinearLayout
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="fill_parent"
        android:orientation="vertical" >
       
        <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="1. Pengertian"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="15dp"/>
         <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Bangun datar adalah bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus atau lengkung (Imam Roji, 1997)
Bangun datar dapat didefinisikan sebagai bangun yang rata yang mempunyai dua demensi yaitu panjang dan lebar, tetapi tidak mempunyai tinggi atau tebal (Julius Hambali, Siskandar, dan Mohamad Rohmad, 1996)
Berdasarkan pengertian tersebut dapat ditegaskan bahwa bangun datar merupakan bangun dua demensi yang hanya memiliki panjang dan lebar, yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung."
             android:textSize="10dp"/>
       
         <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" "
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="5dp"/>
        <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="2. Gambar Bangun Datar"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="15dp"/>
       
        <ImageView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:src="@drawable/bdatar"/>
             
 </LinearLayout>   

</LinearLayout>


   Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri nama BangunDatar.java

Tuliskan kode dibawah ini :
package com.droid.matematika;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;


public class BangunDatar extends Activity {

       @Override
       protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
              super.onCreate(savedInstanceState);
              setContentView(R.layout.bangundatar);
       }
      
}
 


Tampilan Bangun Ruang
 



    Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File  > beri nama BangunRuang.xml

Tuliskan kode dibawah ini :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    android:orientation="vertical"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    android:gravity="center"
    android:background="#F0E68C"> 
       
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="BANGUN RUANG"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="22dp"/>
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" "
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="8dp"/>
   
    <LinearLayout
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="fill_parent"
        android:orientation="vertical" >
       
        <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="1. Pengertian"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="15dp"/>

         <TextView
             android:layout_width="307dp"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="Bangun ruang merupakan sebutan untuk bangun-bangun tiga dimensi atau bagian ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut.
             Ada beberapa macam bangun ruang :
             1. Balok
             2.Tabung
             3.Limas
             4.Kerucut
             5.Prisma
             6.Bola
             7.Kubus"
             android:textSize="10dp" />
       
         <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" "
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="5dp"/>
        <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="2. Gambar Bangun Ruang"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="15dp"/>
       
        <ImageView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:src="@drawable/bruang"/>
       
 </LinearLayout>   
</LinearLayout>


   Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri nama BangunRuang.java

Tuliskan kode dibawah ini :

package com.droid.matematika;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;


public class BangunRuang extends Activity {

       @Override
       protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
              super.onCreate(savedInstanceState);
              setContentView(R.layout.bangunruang);
       }
      
}
 

"Untuk submenu materi, lakukan seterusnya sampai skala, kodding class dan java sama seperti diatas."

 
Tampilan Tentang
 


    Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File  > beri namaTentang.xml

Tuliskan kode dibawah ini :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
  android:orientation="vertical"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    android:gravity="center"
    android:background="#FFFAF0"> 
       
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="TENTANG"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="22dp"/>
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" "
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="8dp"/>
   
    <LinearLayout
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="fill_parent"
        android:orientation="vertical" >
       
         <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="
             Program aplikasi pembelajaran matematika untuk anak Sekolah Dasar (SD) adalah sebuah program aplikasi pada smartphone berbasis sistem operasi android.
             Program aplikasi ini membantu penggunanya untuk memahami dan melatih kemampuan dalam bidang matematika. Program aplikasi ini memiliki tiga tombol seperti tombol materi, tentang dan bantuan.
             Pada tombol materi berisi mengenai pengertian dan rumus-rumus dari materi tersebut."
             android:textSize="10dp"/>
                  
 </LinearLayout>   
 </LinearLayout>


      Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri nama Tentang.java
Tuliskan kode dibawah ini :

package com.droid.matematika;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;


public class Tentang extends Activity {

   @Override
   protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
          super.onCreate(savedInstanceState);
          setContentView(R.layout.tentang);
   }
  
}


Tampilan Bantuan

     Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Android XML File  > beri nama Bantuan.xml
Tuliskan kode dibawah ini :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
   android:orientation="vertical"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    android:gravity="center"
    android:background="#FFFAF0"> 
      <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" "
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="8dp"/>
       
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text="BANTUAN"
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="22dp"/>
    <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" "
             android:textStyle="bold"
             android:textSize="8dp"/>
   
    <LinearLayout
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="fill_parent"
        android:orientation="vertical" >
       
       
         <TextView
             android:layout_width="wrap_content"
             android:layout_height="wrap_content"
             android:text=" Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diberikan kepada peserta didik dimulai dari sekolah dasar, tujuannya adalah untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,analitis,sistematis,kritis dan kreaktif
Untuk belajar matematika sebenarnya tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan membutuhkan peralatan yang mahal dan mewah,yang diperlukan adalah kekreatifan.
"
             android:textSize="10dp"/>
       
             
 </LinearLayout>

</LinearLayout>
 
        Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri nama Bantuan.java
Tuliskan kode dibawah ini :

package com.droid.matematika;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;


public class Bantuan extends Activity {

       @Override
       protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
              super.onCreate(savedInstanceState);
              setContentView(R.layout.bantuan);
       }
      
}


Jangan Lupa atur manifesh nya ya :

Pada androidmanifesh ketik koding berikut :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    package="com.droid.matematika"
    android:versionCode="1"
    android:versionName="1.0" >

    <uses-sdk
        android:minSdkVersion="8"
        android:targetSdkVersion="18" />

    <application
        android:allowBackup="true"
        android:icon="@drawable/ic_launcher"
        android:label="@string/app_name"
        android:theme="@style/AppTheme" >
        <activity
            android:name="com.droid.matematika.Matematika"
            android:label="@string/app_name" >
            <intent-filter>
                <action android:name="android.intent.action.MAIN" />

                <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
            </intent-filter>
        </activity>
        
         <activity
              android:name="Menu"/>
        
         <activity
              android:name="Tentang"/>
         <activity
              android:name="Bantuan"/>
        
         <activity
              android:name="Materi"/>
         <activity
              android:name="BangunDatar"/>  
        <activity
              android:name="BangunRuang"/>
        <activity
              android:name="BilanganPecahan"/>
        <activity
              android:name="OperasiBilanganPecahan"/>
        <activity
              android:name="SatuanUkur"/>
        <activity
              android:name="RumusBangunDatar"/>
        <activity
              android:name="RumusRuang"/>
        <activity
              android:name="Skala"/>
         <activity
              android:name="Game"/>
          <activity
              android:name="Hasil"/>
        </application>

</manifest>
 

Tidak ada komentar: