Berhubung sekarang lagi ngetrend ngetrend nya smartphone berbasis
ANDROID, dan kebetulan juga ada makul berbasis android. Jadi pas banget
kan aku post ini.
Berikut ini aku akan jelasin tutorial membuat "Aplikasi Matematika Learning Berbasis Android for Eclipse"
lets chekidotdotdot :
Sebelumnya mari sekilas kita mengenal pengertian dari beberapa bagian dalam ECLIPSE :
Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).
Cukup sekian penjelasan mengenai beberapa bagian pada eclipse sisa nya buat yang mau lebih lengkap bisa tanyain di mbah GOOGLE dijamin de pasti semua pertanyaan kalian bisa dijawab :D
Uda gak usah basa basi lagi, langsung aja masuk ke kodding ya :
Tampilan Awal
3. Pada package explorer, pilih Mateatika > res > layout >Matematika.xml
4. Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –> New> Android XML File > beri nama Menu.xml
Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri nama Menu.java
Tuliskan kode dibawah ini :Berikut ini aku akan jelasin tutorial membuat "Aplikasi Matematika Learning Berbasis Android for Eclipse"
lets chekidotdotdot :
Sebelumnya mari sekilas kita mengenal pengertian dari beberapa bagian dalam ECLIPSE :
Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).
Linear
Layout
Linear Layout adalah jenis layout
yang ada di Activity. yang berjenis file .xml saat kita mendesain
Aplikasi Android dan mempunyai dua jenis linearlayout yaitu vertikal dan
hoizontal. Untuk di Android Studio ini peletakan folder layout.xml berada di
folder resource di bawah folder drawable.
Splash Screen
Splash Screen adalah tampilan
pertama program sebelum masuk ke menu utama atau tampilan utama.
Relative Layout
Relative Layout digunakan untuk
mengatur posisi secara relatif berdasarkan widget yang lain dan parentnya.
File .java
File .java biasanya berisikan kode
atau logika utama program yang dituliskan dalam bahasa java. Java yang digunakn
dalam android hampir irip dengan java yang kita gunakan untuk program aplikasi
dektop, namun ditambahkan package-pakage khusus yang dibutuhkan android.
File .xml
File .xml berkaitan dengan
tampilan/layout program. File .xml biasanyabjuga digunakan untuk menyimpan
values contohnya strings yang dipakai di layout, dan juga properti lain seperti
mengatur animasi, membuat list, membuat efek gradasi atau gradient dan
lain-lain.
File AndroidManifest
File AndroidManifest juga berakhiran
.xml nsmun file ini digunakan untuk menyiman data-data yang sangat penting
untuk menjalankan aplikasi Android. Seperti versi berapa android, deklarasi
aktivitas-aktivitas deklarasi nama aplikasi, deklarasi ikon aplikasi dan lain
sebagainya.
Image View
Image View adalah komponen dasar android yang tugasnya
menampilkan gambar. Gambar dikomponen image view bisa diambil dari Assets atau
dari Drawable.Cukup sekian penjelasan mengenai beberapa bagian pada eclipse sisa nya buat yang mau lebih lengkap bisa tanyain di mbah GOOGLE dijamin de pasti semua pertanyaan kalian bisa dijawab :D
Uda gak usah basa basi lagi, langsung aja masuk ke kodding ya :
Tampilan Awal
Nanti tampilan diatas merupakkan tampilan awal splash kita, berikut step step awal membuat aplikasi Eclipse nya lets ....
- Jalankan eclipse, File > New > Android Project
- Isikan kotak dialog new seperti berikut
Project Name
|
Matematika
|
Contents
|
Create new project in
workspace
|
Built Target
|
Android 2.1
|
Application Name
|
Matematika
|
Package Name
|
Matematika
|
Create Activity
|
Activity_matematika
|
Min SDK Version
|
7
|
3. Pada package explorer, pilih Mateatika > res > layout >Matematika.xml
Tuliskan kode dibawah ini :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:background="#BA55D3">
<LinearLayout
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:gravity="center"
android:orientation="vertical"
>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="MATEMATIKA LEARNING"
android:textSize="22dp"
android:textStyle="bold"
/>
<ImageView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:src="@drawable/splash"
/>
<TextView
android:paddingTop="20dp"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Loading..."
android:textStyle="bold"/>
</LinearLayout>
</LinearLayout>
4. Pada Matematika.Java tulis kode berikut ini :
package com.droid.matematika;
import android.app.Activity;
import android.content.Intent;
import android.os.Bundle;
import android.view.Window;
public class Matematika extends Activity {
@Override
protected void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
this.requestWindowFeature(Window.FEATURE_NO_TITLE);
setContentView(R.layout.activity_matematika);
Thread logotimer = new Thread() {
public void run() {
try {
int logotimer = 0;
while (logotimer < 5000) {
sleep(100);
logotimer = logotimer + 100;
};
startActivity(new
Intent(getBaseContext(), Menu.class));
} catch (InterruptedException e) {
e.printStackTrace();
} finally {
finish();
}
}
};
logotimer.start();
}
}
"Ini merupakan koding splash pada anroid"
spalsh sama seperti loading
Tampilan Menu Utama
4. Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –> New> Android XML File > beri nama Menu.xml
Tuliskan kode dibawah ini :
<?xml
version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout
xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:background="@drawable/menu">
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="22dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="MENU
UTAMA"
android:textStyle="bold"
android:textSize="22dp"/>
<LinearLayout
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:gravity="center"
android:orientation="vertical" >
<ImageButton
android:id="@+id/materi"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:src="@drawable/materi"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="15dp"/>
<ImageButton
android:id="@+id/game"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:src="@drawable/game"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="15dp"/>
<ImageButton
android:id="@+id/bantuan"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:src="@drawable/bicon"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text=" "
android:textStyle="bold"
android:textSize="15dp"/>
<ImageButton
android:id="@+id/tentang"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:src="@drawable/tentangicon"
android:textStyle="bold"
android:textSize="12dp"/>
<LinearLayout
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="50dp"
android:gravity="center"
android:orientation="vertical">
</LinearLayout>
</LinearLayout>
</LinearLayout>
Pada package explorer, pilih Matematika > klik kanan –New> Class > beri nama Menu.java
package
com.droid.matematika;
import
android.os.Bundle;
import
android.app.Activity;
import
android.content.Intent;
import
android.view.View;
import
android.widget.ImageButton;
public
class Menu extends Activity {
@Override
protected void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.menu);
ImageButton go =
(ImageButton)findViewById(R.id.materi);
ImageButton go3 =
(ImageButton)findViewById(R.id.game);
ImageButton go1 =
(ImageButton)findViewById(R.id.tentang);
ImageButton go2 =
(ImageButton)findViewById(R.id.bantuan);
go.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public
void onClick(View v) {
//TODO
Auto-generated method stub
Intent
i = new Intent(Menu.this, Materi.class);
i.putExtra("pesan",
"dari Menu");
startActivity(i);
}
});
go3.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public
void onClick(View v) {
//TODO
Auto-generated method stub
Intent
iv = new Intent(Menu.this, Game.class);
startActivity(iv);
}
});
go1.setOnClickListener(new View.OnClickListener()
{
public
void onClick(View v) {
//TODO
Auto-generated method stub
Intent
ii = new Intent(Menu.this, Tentang.class);
startActivity(ii);
}
});
go2.setOnClickListener(new
View.OnClickListener()
{
public
void onClick(View v) {
//TODO
Auto-generated method stub
Intent
iii = new Intent(Menu.this, Bantuan.class);
startActivity(iii);
}
});
}
}
Jangan lupa atur manifesh nya ya :Pada androidmanifesh ketikkan koding berikut :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
package="com.droid.matematika"
android:versionCode="1"
android:versionName="1.0" >
<uses-sdk
android:minSdkVersion="8"
android:targetSdkVersion="18" />
<application
android:allowBackup="true"
android:icon="@drawable/ic_launcher"
android:label="@string/app_name"
android:theme="@style/AppTheme" >
<activity
android:name="com.droid.matematika.Matematika"
android:label="@string/app_name" >
<intent-filter>
<action android:name="android.intent.action.MAIN" />
<category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
</intent-filter>
</activity>
<activity
android:name="Menu"/>
</application>
</manifest>
S Sampai ke menu utama dulu ya, di sini menu utamanya dalam bentuk
imagebutton, jadi kalian siapin gambarnya dan masukkan ke drawable pada
res.
Cara membuat drawable pada res yaitu : Klik kanan pada res -> pilih new -> Folder -> Ketik drawable.
Cara memasukkan gambarnya ke drawable :
Copy image yang mau kamu jadiin imagebutton (icon) lalu, klik kanan
pada folder drawable yang sudah kamu buat tadi kemudia pilih paste.
pada koding gambar, pastikan nama yang kamu buat sama dengan nama yang kamu ketik di koding.
untuk next aplikasi Matematika Learning lanjuut ke next posting yaaaaa ........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar